Selasa, 03 April 2012

Photosohop CS4 Jam 2


1.      Auto Correction
Auto Correction adalah perintah untuk perbaikan warna dan pencahayaan pada foto. Untuk mengkoreksi warna secara otomatis, klik menu Images > Auto Color atau tekan Shift+Ctrl+B. untuk memperbaiki kontras gambar secara otomatis, klik menu Image > Auto Contrast atau tekan Alt+Shift+Ctrl+L. Pada Photoshop CS4, terdapat fitur koreksi otomatis baru yang bernama Auto Tone. Gunanya untuk mengoreksi tonal warna pada foto. Caranya klik menu Images > Auto Tone atau tekan Shift+Ctrl+L.
2.       Histogram & Levels

Histogram merupakan panel grafik yang menunjukkan distribusi cahaya pada gambar. Salah satu cara untuk mengubah grafik histogram adalah dengan menggunakan panel levels. Klik menu Image > Adjustments > Levels atau tekan Ctrl+L unyuk menampilkan kotak dialog levels. Menggeser slider shadows ke kanan akan membuat area warna gelap pada gambar menjadi semakin gelap. Sedangkan menggeser slider highlights ke kiri berakibat sebaliknya. Menggeser slider midtones ke kanan untuk mengubah warna-warna tengah menjadi semakin gelap, geser ke kiri untuk sebaliknya.

3.       Curves

Perintah curves menggunakan garis kurva. Perintah curves memiliki satu fitur baru yang memudahkan anda untuk membuat garis kurva langsung. Klik menu Image > Adjustments > Curves atau tekan Ctrl+M untuk menampilkan kotak dialog curves. Klik tombol Auto untuk menerapkan perintah AutoCurves.

4.       Brightness/Contrast

Untuk mengatur Brightness dan Contrast. Klik menu  Image > Adjustments > Brightness/Contrast untuk menampilkan kotak dialog Brightness/Contrast. Semakin besar nilai Brightness/Contrast, gambar menjadi lebih terang/cerah.

5.       Shadows/Highlights

Untuk memperbaiki foto yang subjek maupun latarnya lebih gelap/terang. Klik menu Image > Adjustments > Shadows/Highlights. Bila menemukan masalah pencahayaan gambar yang lebih kompleks, tampilkan kembali kotak dialog Shadoes/Highlights dan tandai pilihan Show More Option.


6.       Exposure

Untuk meniru perubahan gambar ketika setting exposure pada kamera digital diubah. Menentukan banyaknya cahaya yang disimpan oleh sebuah foto. Klik menu Image > Adjustments > Exposure untuk menampilkan kotak dialog exposure. Jika anda menaikkan nilai exposure maka foto akan bertambah terang. Dan juga sebaliknya. Bila diperlukan, anda juga dapat menyesuaikan nilai Offset dan Gamma Correction.

7.       Hue/Saturation

Dapat memilih untuk mengubah elemen warna tertentu atau keseluruhan elemen warna pada sebuah foto. Klik menu Image > Adjustment > Hue/Saturation atau tekan Ctrl+U untuk menampilkan kotak dialog Hue/Saturation. Untuk mengubah keseluruhan foto, tandai opsi Colorize.

8.       Color Balance

Untuk mengubah keseimbangan warna pada sebuah foto. Klik menu Image > Adjustment > Color Balance atau tekan Ctrl+B untuk menampilkan kotak dialog Color Balance. Anda cukup menggeser slider menuju ke warna yang diinginkan. Pada bagian Tone Balance, tentukan area warna gambar yang ingin diubah keseimbangan warnanya.

9.       Match Color

Dengan Match Color, anda dapat menyesuaikan warna dan pencahayaan pada dua buah gambar yang berbeda. Klik menu Image > Adjustment > Match Color untuk menampilkan kotak dialog match color. Pilih salah satu gambar menjadi Source  (gambar acuan). Bila efek dari match color terlihat berlebihan, aktifkan opsi Neutralize. Bisa juga menaikkan nilai Fade. Di atas slider fade, terdapat slider Color Intesity yang fungsinya mirip dengan Saturation. Sedangkan slider Luminance berfungsi untuk mengatur tingkat kecerrahan gambar sewaktu penerapan match color.

10.   Black & White

Klik menu Image > Adjustment > Black & White atau tekan Shift+Alt+Ctrl+B. klik tombol Auto untuk mengatur setting Black & White secara otomatis.

11.   Photo Filter

Untuk meniru efek filter pada lensa kamera. Klik menu Image > Adjustment > Photo Filter untuk menampilkan kotak dialog photo filter. Naikkan nilai density untuk memperkuat efek photo filter pada gambar, begitu sebaliknya.

Hasil dari soal jam kedua:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar